Mikel Arteta

Biografi Mikel Arteta, Sang Gelandang Favorit

Saat membuka situs berita bola, tentu akan terasa membosankan jika hanya update berita pertandingan terkini. Sesekali bisa pula melirik berita mengenai biografi dari pemain sampai manager tim sepak bola terkemuka. Bagi siapa saja yang menjadi fans bagi Mikel Arteta dijamin akan menggali lebih dalam artikel berita tentang sosoknya.

Mengenal sosok Arteta melalui perjalanan karirnya

Mikel Arteta arsenal

Lapangan hijau memang kurang menarik di tanah air, namun tidak dengan negara lain yang menaruh perhatian pada atlet sepakbola. Ada banyak bintang lapangan hijau yang kemudian dikenal publik dunia, salah satunya Mikel Arteta. Sosoknya mulai banyak diperbincangkan dan dilirik berkat sederet keahliannya menjebol gawang lawan.

Pria yang menempati posisi sebagai gelandang ini memiliki nama lengkap Mikel Arteta Amatrianin. Dilihat dari namanya mungkin beberapa orang sudah bisa menebak dimana kampung halaman pria kelahiran 26 Maret 1982 ini. Pemain gelandang yang akrab disapa Arteta ini lahir di Spanyol, tepatnya di San Sebastian.

Arteta memulai karirnya di lapangan hijau melalui tim Antiguoko hingga lepas atau lulus dari level junior. Selepas itu ia memutuskan untuk  bergabung di Barcelona, hanya saja disini kemampuannya kurang mendapat sorotan sehingga menjadikannya sulit masuk tim inti. Pada tahun 2000 Arteta kemudian dipinjamkan ke Paris Saint German untuk mengikuti Liga Perancis.

Ia kemudian bergabung di Rangers untuk memperkuat tim di dalam Liga Premier Skotlandia. Situs judi bola mencatat, karir Arteta mulai terlihat gemilang disini bahkan menjadi pemain favorit para fans Rangers.

Setelah menorehkan prestasi bersama Rangers hingga 2 musim berturut-turut, Arteta kemudian memutuskan untuk mudik ke kampung halaman. Langkah ini menggiringnya untuk masuk ke dalam tim Real Sociedad. Sayangnya bersama Real Sociedad, Arteta harus ikhlas mengalami dejavu karena belum pernah masuk tim inti. Sekali lagi ia kemudian dipinjamkan ke tim lain, yakni ke Everton di akhir musim 2004-2005.

Pada Juli tahun 2005 Arteta kemudian resmi masuk ke dalam Everton, dan keberuntungan kembali berpihak padanya. Musim 2005-2006 Arteta berhasil menyumbangkan banyak gol yang menjadikan Everton sukses meraih banyak kemenangan. Tak butuh waktu lama Arteta kemudian menjadi pemain favorit di Everton.

Selama bergabung di Everton, sosok Arteta sempat menerima banyak penghargaan seperti Player of The Match dan juga Player of The Year hingga 2 musim berturut-turut. Arteta sempat mengalami cedera perut di pertengahan musim 2007 yang memaksanya untuk vakum sejenak, baru di musim 2008 ia kembali beraksi di lapangan hijau meski mendapatkan cedera kembali dan kali ini di lutut.

Tahun 2011 lalu Arteta kemudian ditrasfer ke Arsenal karena memang kondisi Everton kurang bagus. Prestasi yang ditorehkannya selama berkarir di lapangan hijau membuatnya menjadi pemain yang diperhitungkan. Setelah berhenti sebagai pemain, kini Arteta menjadi pelatih bagi tim Arsenal. Setelah sebelumnya menjadi asisten pelatih Pep Guardiola di Manchester City. Arteta dikontrak oleh Arsenal sejak 20 Desember 2019  hingga 3,5 tahun ke depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *