Cesc Fabregas

Cesc Fabregas, Young Gun Spanyol Yang Mendunia

Spanyol memang memiliki segudang pemain hebat yang mampu menorehkan berbagai prestasi gemilang. Salah satunya yang dinilai aset emas negara Matador itu adalah Cesc Fabregas, pemain gelandang tengah yang sudah malang melintang di beberapa klub besar dan mematrikan diri sebagai salah satu pemain hebat saat usianya masih muda, bahkan dia sempat dijuluki Young Gun dari Spanyol.

Perjalanan Karir Sepak Bola Yang Memukau

Young Gun Spanyol

Terlahir dari keluarga berada, pemain bernama lengkap Francesc Fabregas Soler berdasarkan agen bola merupakan anak pengusaha properti dan pengusaha kue ternama di daerah asalnya Arenys de Mar Spanyol. Dia memulai karir sepakbola saat berusia delapan tahun saat dimasukkan ke dalam akademi sepakbola bernama CE Mataro oleh sang kakek.

Pada tahun 1997 dia menapakkan kaki di akademi milik Barcelona La Masia, di sana Fabregas menjadi satu tim  dengan dua pemain inti Barcelona saat ini yaitu Gerard Pique dan Lionel Messi. Sayangnya selama enam tahun di sana, dia tak kunjung berkesempatan masuk tim inti FC Barcelona muda, dan akhirnya memutuskan hijrah ke Arsenal dan mulai memperlihatkan kualitas bermain terbaiknya.

Selama bersama Arsenal informasi bola menjabarkan bahwa dia pernah menjabat Kapten tim dan mencetak 57 gol dari 303 permainan di segala kompetisi lokal hingga internasional. Tahun 2011 dia memutuskan untuk menerima pinangan Barcelona dan memulai debutnya bersama Lionel Messi cs. Penampilannya semakin memukau dan memenangkan sejumlah gelar hingga tahun 2014.

Perjalanan karirnya berlanjut ke Liga Inggris lagi ketika Chelsea merekrutnya tahun 2014, di sana dia juga banyak menyumbangkan gol gemilang tercatat 22 gol dihasilkannya dari 198 pertandingan sebelum akhirnya hengkang ke AS Monaco awal tahun 2019 lalu dan menjadi salah satu pemain inti di bawah kepelatihan mantan rekan satu timnya di Arsenal yaitu Thierry Henry.

Prestasi Yang Selalu Diingat

Saat ini memang nama Fabregas tak segemilang dahulu saat usianya masih belia, namun setidaknya selama malang melintang menggocek bola beberapa prestasi prestisius berhasil dikantonginya. Informasi tentang bola menyebutkan dia pernah menerima sepatu emas tahun 2003 sekaligus bola emas di tahun yang sama.

Selain itu dia juga masuk dalam tim terbaik UEFA tahun 2006 dan 2008 karena kepiawaiannya mengoper bola dan menjadi playmaker di berbagai pertandingan. bersama Arsenal dia juga membukukan diri sebagai pemain termuda The Gunners di usia 16 tahun dan pencetak gol termuda Liga Champion saat Arsenal melawan Rosenborg 5-1 tahun 2003.

Pada masa kejayaannya di awal tahun 2000an silam, Fabregas sempat diprediksi menjadi salah satu pemain gelandang paling mematikan. Bahkan dari informasi bola yang beredar dia masuk daftar gelandang terbaik yang pernah ada, sayang beberapa tahun terakhir performanya turun. Tapi setidaknya prestasi pemain 32 tahun itu bisa jadi referensi positif bagi kamu yang ingin jadi pemain bola handal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *